FULL ASSESSMENT LSP SMK NEGERI 1 MARTAPURA

   

Dalam rangka proses mendapatkan lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sehingga dapat melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja bagi peserta didik SMK Negeri 1 Martapura dan SMK Jejaringnya, LSP SMK Negeri 1 Martapura, pada hari Jumat 26 Maret 2021 melaksanakan kegiatan Asesmen Penuh (Full Asesment) oleh Tim Master Asessor dari BNSP.

BNSP akan memberikan Lisensi kepada LSP yang memenuhi persyaratan sesuai dengan Pedoman BNSP 201 dan Pedoman BNSP 202. Untuk itu Full Assment yang dilaksankan untuk memantau tingkat kepatuhan LSP SMK Negeri 1 Martapura dalam penerapan Pedoman BNSP 201 dan Pedoman BNSP 202 serta Pedoman BNSP terkait pelaksanaan Uji Kompetensi.

Ibu Hasnawati selaku ketua tim dan Ibu Iryanti selaku anggota, melakukan full assessment ke Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) SMK Negeri 1 Martapura sesuai dengan Surat Penugasan oleh Ketua BNSP No. ST.0754/BSP/III/2021. Kegiatan diawali pembukaan oleh Bpk. Sigit Winarno, S.Pd dan dilanjutkan Kata sambutan yang disampaikan oleh Kepala SMK Negeri 1 Martapura selaku Dewan Pengarah LSP SMK Negeri 1 Martapura Bapak Drs. Ribut Setiadi yang dalam sambutanya menyampaikan “ucapan terima kasih banyak kepada Ibu Hasnawati dan Ibu Iryanti dari BNSP yang telah berkenan menyempatkan hadir, kemudian dilanjutkan dengan memperkenalkan Tim Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) SMK Negeri 1 Martapura beserta Assesor, dan mempersilahkan kepada Tim Assesor BNSP untuk melaksanakan kegiatan full assessment”.

     

Ibu Hasnawati melanjutkan dengan memberikan penjelasan ruang lingkup dan cara kerja BNSP kepada LSP SMK Negeri 1 Martapura  hal ini dilakukan untuk memberi pencerahan dan motivasi kepada Tim LSP SMK Negeri 1 Martapura  untuk dapat bertanggung-jawab penuh terhadap output yang dihasilkan oleh LSP SMK Negeri 1 Martapura , serta diminta untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada peserta didik SMK Negeri 1 Martapura  yang kompeten untuk mengikuti sertifikasi kompetensi melalui LSP SMK Negeri 1 Martapura, sehingga setelah siswa/i SMK lulus dalam menempuh pendidikannya, siswa tersebut diharapkan dapat memperoleh Sertifikat Kompetensi yang diakui oleh Dunia Kerja dan Dunia Industri guna peningkatan kualitas dan peningkatan daya saing sumber daya manusia Indonesia yang kompeten pada bidangnya.     

Kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan seluruh dokumen di ruang kantor LSP SMK Negeri 1 Martapura untuk memastikan seluruh dokumen sudah sesuai Standar Opersaional Prosedur (SOP), dalam menerapkan Pedoman BNSP 201 dan Pedoman BNSP 202 serta Pedoman BNSP lainnya yang masih berlaku, jika terdapat ketidaksesuaian dokumen maka LSP SMK Negeri 1 Martapura wajib segera memperbaikinya sebagai wujud dari tingkat kepatuhan LSP SMK Negeri 1 Martapura terhadap Pedoman BNSP.

     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *